Menjadi pengangguran pasti pernah dirasakan sebagian besar orang, apakah kamu termasuk salah satunya? Semoga tidak ya Sobat TunaiKita. Namun, untuk kamu yang baru menyelesaikan pendidikan SMA atau Perguruan Tinggi, ada kemungkinan kamu akan rasakan menjadi pengangguran sementara sembari menunggu pekerjaan.

Tidak dipungkiri, zaman sekarang ini mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Persaingan semakin ketat ditambah lagi lapangan pekerjaan yang tidak memadai untuk menampung para job seeker. Secara otomatis hal ini menjadi concern yang cukup signifikan bagi anak-anak muda yang merasa tidak memiliki kegiatan untuk mengisi waktu luang karena menjadi pengangguran.

Nah, untuk kamu yang sedang mengalami permasalahan diatas dan masih menjadi pengangguran karena belum mendapatkan pekerjaan, coba bisnis yuk?

 

Kuliner

Untuk kamu yang senang berada di dapur dan bermain dengan bahan makanan, mungkin bisa mencoba buka bisnis kuliner. Mulailah dari porsi bisnis kecil terlebih dahulu. Contohnya, memasarkan produk yang kamu buat melalui media online seperti Instagram. Nah, jika memang produk yang kamu tawarkan bisa diterima oleh pasar, maka kamu bisa memulai menjual produk secara offline dengan membuka rumah makan atau gerobak kecil-kecilan di pinggir jalan.

Peluang usaha kuliner ini merupakan jenis bisnis yang cocok untuk dijalankan oleh anak muda, karena generasi muda biasanya akan lebih kreatif dalam memberikan sentuhan-sentuhan baru bagi dunia kuliner. Biasanya, peluang usaha kuliner ini adalah bisnis yang sangat berpotensi dan tidak pernah sepi.

 

Industri Kreatif

Salah satu bisnis yang cukup menjanjikan yang bisa kamu coba adalah dengan membuka bisnis di bidang industri kreatif. Sekalipun menggunakan embel embel industri, bukan berarti peluang bisnis ini hanya dapat dilakukan oleh para pengusaha besar dengan modal tinggi saja. Ada banyak anak muda yang memulai usahanya dengan menekuni model bisnis seperti ini. Bisnis ini cocok untuk kamu yang berkarakter kuat, berjiwa seni tinggi dan punya banyak ide kreatif unik dan memiliki daya pikat yang bisa menarik perhatian serta minat banyak orang.

Beberapa contoh untuk model bisnis ini yang telah cukup popular diantaranya adalah usaha kreatif di bidang kerajinan tangan seperti dekorasi lampu hias, memproduksi tempat pensil artistic, membuat pernak pernik untuk oleh oleh tempat wisata, kerajinan souvenir pernikahan dan lain-lain.

 

Guru Les Privat

Untuk kamu yang memiliki keterampilan lebih seperti bahasa asing, alat musik atau keterampilan lainnya, kamu bisa mencoba ide bisnis ini. Menjadi guru privat bisa menjadi pilihan untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Kamu bisa membuka sesi kursus di rumah atau langsung mendatangi alamat rumah si murid. Profesi ini akan menyenangkan karena kamu melakukan sesuatu yang sesuai dengan kegemaran. Contohnya, kamu senang bermain piano, maka kamu bisa membuka kelas piano untuk 2-3 orang setiap sesinya. Untuk bayarannya, kamu tentukan sendiri bayaranmu sewajarnya ya. Jangan terlalu murah atau terlalu mahal.

 

Penulis dan Perancang Konten

Ide bisnis yang satu ini khusus untuk kamu yang senang menulis. Keberadaan sosial media saat ini membuat kehidupan kita selama 24 jam seolah tidak pernah berhenti. Individu-individu kreatif seperti penulis atau desain grafis bisa mengeksplor bakat mereka untuk menghasilkan konten berkualitas tinggi, baik untuk kepentingan bisnis maupun media.

Tenaga freelance di bidang ini mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan beberapa tahun terakhir. Jadi, jika kamu memiliki hobi menulis atau membuat desain grafis, kamu bisa mempertimbangkan untuk menjalankan bisnis ini.

 

Event Organizer

Kalau kamu tipe yang aktif berorganisasi dan sering mengadakan acara kegiatan kampus semasa kuliah dulu, maka hal ini bisa jadi bekal untuk kamu dalam memulai bisnis EO.

Mengapa? Karena pada masa tersebut kamu sudah terbiasa bekerja dengan banyak orang, dikejar deadline, mencari sponsor kesana kemari, dan menangani berbagai hal teknis lainnya. Ditambah modal lain, memiliki kenalan supplier tenda, sound system, meja kursi, dan perlengkapan acara lainnya, kamu sudah bisa memulai usaha jasa EO ini.

 

Fashion

Tren fashion yang selalu berkembang pesat dan berubah-ubah membuat banyak orang berlomba-lomba untuk selalu mengikuti tren fashion terbaru. Bisnis fashion memiliki pasar yang sangat luas, mulai dari anak-anak hingga dewasa pasti membutuhkan pakaian karena sandang sendiri merupakan kebutuhan primer untuk semua kalangan.

Kalau kamu suka membuat desain baju kemudian memindahkannya menjadi sebuah pakaian jadi, kenapa tidak memulai bisnis clothing sendiri? Untuk pengembangan usaha, sebaiknya kamu mencari tenaga penjahit atau vendor yang sesuai dengan bisnis clothing kamu.

 

Pet Sitter

Untuk kamu yang mengaku sebagai pecinta binatang, mungkin kamu bisa mencoba menjadi pet sitter.

Ada banyak sekali orang yang memiliki binatang peliharaan di rumahnya, tetapi mereka tidak memiliki waktu dan terlalu sibuk untuk mengurus atau memberi makan binatang tersebut. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk menghasilkan uang dengan menerima jasa penitipan binatang peliharaan.

 

Nah, itu dia 7 peluang bisnis yang bisa kamu coba jika kamu masih belum menemukan pekerjaan yang pas dan tidak memiliki kegiatan untuk dilakukan setiap harinya. Tapi sebenarnya, ide-ide bisnis di atas bisa dilakukan oleh semua kalangan, tidak hanya anak-anak muda saja. Jadi, jangan terpaku hanya karena belum mendapatkan pekerjaan ya Sobat TunaiKita. Semoga bermanfaat.

 

Penulis : Indah Sari

Share

facebook twitter google+ linkedin


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *